BIMBINGAN TEKNIS DAN SOSIALISASI PERDANA APLIKASI SIPESAT  PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO

BIMBINGAN TEKNIS DAN SOSIALISASI PERDANA APLIKASI SIPESAT PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO

Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo melaksanakan bimbingan teknis dan sosialisasi aplikasi SIPESAT perdana di Kecamatan Bungatan pada tanggal 15 Maret 2021. Bimbingan teknis dan sosialisasi aplikasi SIPESAT dilakukan dengan tujuan melatih pengguna untuk mengenal bagaimana cara menggunakan sebuah aplikasi.
Kegiatan ini juga diikuti oleh Camat Bungatan beserta jajarannya, pendamping desa, admin dan operator TIK dari Kecamatan Bungatan dan 7 desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Bungatan. 7 desa tersebut diantaranya adalah Desa Bletok, Desa Bungatan, Desa Mlandingan Wetan, Desa Pasir Putih, Desa Patemon, Desa Selowogo, dan Desa Sumber Tengah.


Aplikasi SIPESAT merupakan sistem informasi pelayanan masyarakat terpadu yang dapat digunakan oleh pihak kecamatan dan desa dalam melaksanakan layanan administrasi masyarakat. Aplikasi SIPESAT ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam mengutamakan pelayanan masyarakat khususnya untuk seluruh desa di Kabupaten Situbondo. Aplikasi SIPESAT juga mendukung visi dan misi Bupati Situbondo, Karna Suwandi, yaitu program PAKEM (Pelayanan Aktif, Kreatif, Efektif, Efisien dan Memuaskan) sehingga masyarakat di desa lebih mudah mendapatkan pelayanan administrasi tanpa perlu mendatangi kantor kecamatan. Dengan adanya aplikasi SIPESAT, semua layanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat di desa akan diperoleh dengan lebih mudah, efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya.
Dalam Aplikasi SIPESAT terdapat 15 layanan administrasi yang diantaranya layanan Surat Pengantar Legalisasi SKCK, Surat Keterangan Tidak Mampu dan Surat Pindah WNI baik pindah antar desa, antar kecamatan, antar kabupaten maupun antar provinsi.
Aplikasi ini akan diujicobakan di Kecamatan Bungatan khususnya di Desa Pasir Putih sebagai percontohan (pilot project) untuk semua kecamatan dan desa se-Kabupaten Situbondo. Seperti yang diutarakan Jupry Setyo Utomo (Camat Bungatan,red) “Aplikasi SIPESAT ini akan dipakai di Kecamatan Bungatan dan 7 desa di wilayah Kecamatan Bungatan. Kami pihak Kecamatan dan Desa sudah menyiapkan semua fasilitas untuk mendukung Aplikasi SIPESAT dengan memasukkan rencana anggaran di APBDes tahun ini dan akan direalisasikan di triwulan pertama. Sebagai percobaan (trial error) dari penggunaan aplikasi SIPESAT ini akan dipusatkan di Desa Pasir Putih.”


“Semoga Aplikasi SIPESAT ini berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan sehingga bisa menjadi pilot project bagi kecamatan lainnya di Kabupaten Situbondo.” imbuhnya.
Aplikasi SIPESAT ini juga mendapatkan antusiasme yang tinggi baik dari pihak kecamatan ataupun dari pihak desa khususnya operator desa yang bertugas untuk memberikan layanan administrasi, sebab dengan adanya aplikasi ini bisa membantu meringankan beban pekerjaan mereka.