BUDIDAYA TANAMAN PORANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PINGGIR HUTAN

BUDIDAYA TANAMAN PORANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PINGGIR HUTAN

SITUBONDO - Perasaan senang terlihat jelas saat bupati Drs. H. Karna Suswandi, MM dan wakil bupati, Hj. Khoirani, S.Pd, MH hadir pada acara penanaman porang bersama masyarakat serta melihat secara langsung antusiasme masyarakat untuk membudidayakan tanaman porang di desa semambung Kecamatan Jatibanteng pada hari Minggu, 28/2/2021.

Melihat antusias dan semangat masyarakat tersebut Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo, Hj. Khoironi ingin menjadikan kabupaten Situbondo sebagai penghasil porang terbesar di Indonesia dengan menyediakan lahan yang siap untuk ditanami porang lebih dari 6000 hektar di Kabupaten Situbondo.

Bung Karna juga menyampaikan bawa dalam waktu dekat akan dilakukan kerjasama yang melibatkan tujuh pihak. “Yakni Pemda sendiri, dinas pertanian, LMDH, perhutani sebagai pemilik lahan, BI, serta bank yang akan menjadi donatur dari pelaksanaan penanaman porang. Agar bisa memberikan kredit untuk petani porang,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Bung Karna mengajak PT. Asia Prima Konjac untuk mendirikan pabrik pengelolaan porang di Kabupaten Situbondo “Sehingga para petani tidak lagi kebingungan untuk memasarkan hasil panennya,” jelasnya.