KABUPATEN SITUBONDO RAIH INDEKS TERTINGGI se-JAWA TIMUR

KABUPATEN SITUBONDO RAIH INDEKS TERTINGGI se-JAWA TIMUR

Baru-baru ini tepatnya hari Senin, 17 Februari 2020, Kemenpan-RB merilis Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) hasil evaluasi yang dilaksanakan pada Oktober 2019 lalu. Yang patut dibanggakan adalah apabila dibandingkan dengan kabupaten lainnya, nilai indeks SPBE Kabupaten Situbondo merupakan peringkat pertama terbaik di Jawa Timur.

Evaluasi tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat untuk mengetahui sejauh mana instansi pemerintah yang terdiri dari kementerian / lembaga / daerah menerapkan sistem e-Government. Indeks SPBE Pemerintah Kabupaten Situbondo tercatat mengalami kenaikan dari 3,24 (nilai 2019) menjadi 3,48 (nilai 2020). Hal tersebut dapat diartikan bahwasanya dari tahun ke tahun terdapat peningkatan kualitas sistem e-Government di daerah dengan julukan Bumi Shalawat Nariyah ini.

Untuk diketahui, terdapat tiga puluh lima indikator penilaian pada proses evaluasi SPBE yang terangkum dalam tujuh aspek yaitu :

1) Kebijakan Tata Kelola SPBE;

2) Kebijakan Layanan SPBE;

3) Kelembagaan;

4) Strategi dan Perencanaan;

5) TIK;

6) Administrasi Pemerintahan;

7) Pelayanan Publik.

Semoga dengan adanya evaluasi SPBE ini dapat terus memberikan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.